Selasa, 13 Desember 2011

Info Pendataan Ujian

Rakor Pendataan peserta Ujian Nasional (UN) 2012 jenjang SD, SMP, SMA/K (sederajat) berlangsung di Bogor tanggal 28-30 Nopember 2011 dibuka oleh Dr. Andi Zakaria mewakili Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh Puspendik yang diwakili oleh Kepala Analisis dan Sistem Informasi penilaian Drs. Giri Sarana.
Pada intinya Ujian Nasional 2012 tetap dilangsungkan dimaksudkan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada masing-masing jenjang serta memetakan tingkat mutu sekolah didaerah sehingga pemerintah dapat mengambil kebijakan apa yang hendak diambil pada sekolah/daerah yang bersangkutan. UN tahun pelajaran 2011/2012 diharapkan akan berjalan lebih baik dalam hal pendataan, proses dan hasil akhir yang dicapai daripada pelaksanaan tahun sebelumnya.
Untuk pelaksanaan UN tahun 2012, cetak naskah UN akan dilakukan oleh pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan jumlah paket soal lebih dari 1 (satu) dan naskah paket soal menyatu dengan Lembar Jawab Komputer (LJK) dalah satu paket amplop. Panduan pelaksanaan UN 2012 akan mengacu pada POS yang diharapkan sudah keluar pada awal Desember 2011.
Adapun jadwal UN 2011/2012 direncanakan akan berlangsung dengan jadwal sebagai berikut:
-    Jenjang SMA/MA/SMK mulai tanggal 16 April 2012
-    Jenjang SMP/MTs mulai tanggal 23 April 2012
-    Jenjang SD/MI mulai tanggal 30 April 2012
Jadwal hari pertama mapel Matematika, hari berikutnya mapel Bahasa inggris, dan Bahasa Indonesia

Salah satu point yang terkait NISN, " Pendataan calon peserta UN 2012 tidak wajib mencantumkan NISN. Jika ada NISN silakan dientri/masukkan (nomor) NISN-nya, jika siswa tidak punya NISN, silakan dikosongkan," demikian apa yang disampaikan oleh Drs. Giri Sarana dari Puspendik.
Jadi tidak dibenarkan jika ada pihak yang menolak siswa sebagai calon peserta UN 2012 jika ybs belum mempunyai NISN.
Demikian laporan singkat saya dari acara tersebut.

Kebijakan NISN/NPSN selanjutnya menunggu Rakor PDSP Kemendiknas besok 4-5 Desember 2011 di Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar